Jumat, 01 Maret 2013

Sejarah Akselerasi SMPN 1 Baleendah

    Hy, sekarang aku mau nagsih tau sejarah program Akselerasi SMPN 1 Baleendah, tempat di mana aku belajar. Nih,sejarah yang aku tau :

     Akselerasi adalah program percepatan belajar yang merupakan salah satu program layanan pendidikan khusus bagi peserta didik yang oleh pengajar telah diidentifikasi memiliki prestasi sangat memuaskan, dan oleh psikolog telah diidentifikasi memiliki kemampuan intelektual umum pada taraf cerdas, memiliki kreativitas dan keterikatan terhadap tugas di atas rata-rata, untuk dapat menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar mereka.

     SMPN 1 Baleendah juga menyelenggarakan program akselerasi. Program ini diprakarsai oleh kepala sekolah yang menjabat saat ini, Drs. E. Suhendra, M.M.Pd. Latar belakang diselenggarakannya program akselerasi ini adalah : Pertama, latar belakang psikologis, yakni adanya perbedaan kemampuan murid secara individual. Demikian halnya di SMPN 1 Baleendah, murid yang terjaring memiliki perbedaan kemampuan intelektual, bakat dan minat. Di antaranya ada beberapa murid yang memiliki potensi bakat dan minat yang lebih tinggi di atas yang lainnya secara rata-rata. Kedua, latar belakang filosofis, yakni bahwa setiap manusia memiliki hak untuk mengembangkan diri. Dan ketiga, latar belakang secara yuridis, yakni adanya Undang-Undang dalam Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur agar latar belakang secara psikologis dan filosofis itu dapat diakomodir dalam pelayanan yang berbeda berdasarkan kebutuhan.

     Karena itu, dengan niat untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik mengingat adanya potensi yang luar biasa pada diri beberapa murid dan calon murid, yakni tingkat kecerdasan yang tinggi serta bakat potensial yang dimiliki dan berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung No. 421/4034 - DISDIK SMPN 1 Baleendah mencoba mengakomodirnya dalam bentuk pelayanan khusus, yakni dengan menyelenggarakan program akselerasi atau percepatan belajar. Maka setelah mengajukan proposal kepada dinas pendidikan setempat, pada tahun 2006 sekolah mendapat SK penunjukan sebagai sekolah penyelenggara Program Percepatan Belajar dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Nomor. 421.3/687/Disdik/2006.

     Dalam tataran pelaksanaan, kepala sekolah memberi mandat kepada beberapa pengajar terpilih untuk menjadi tim yang mengelola akselerasi. Tim dimaksud adalah Endang Setia Permana, S.Pd, Wawan Gunawan, S.Pd, Drs. Hasanudin, Drs.Lili Rumli , dan Ahmad Hidayat, M.Pd. selama dua tahun pertama tim inilah yang merancang dan memimpin program akselerasi. Namun, pada tahun ketiga, program akselerasi dikelola langsung oleh PKS Kurikulum.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar